Seberapa Cerdas Iran?

Hampir sama seperti Indonesia, negara yang memiliki luas 1.648.195 kilometer persegi ini memiliki 31 Provinsi dan hampir disetiap provinsi yang ada di Iran memiliki kampus dengan ukuran yang beragam dan jurusan yang bermacam-macma. Kualitas kampusnya pun tidak main-main. Tahun 2018, Shanghai Ranking merilis Ranking Akademik Universitas Dunia (ARWU) 2018. Dari 1.000 universitas terkemuka yang ada di dunia sebanyak 13 universitas Iran masuk diantaranya. Shanghai Ranking adalah salah satu dari tiga sistem otentik di panggung internasional. Kualitas pendidikan, kualitas anggota fakultas, hasil penelitian dan fungsi per kapita adalah empat kriteria yang digunakan dalam penilaiannya dan dilakukan evaluasi oleh 6 parameter. Universitas paling top di Iran bernama Tehran University, kampus paling tua dan terkemuka yang terletak di Tehran menduduki peringkat ke 11 dari 400 universitas ternama di dunia. Universitas Industri Amirkabir berdasarkan Shanghai Ranking bahkan menjadi universitas terbaik ketiga didunia.

Tehran University mendapatkan peringkat yang mentereng bukan tanpa sebab, banyak tokoh yang telah dihasilkan diantaranya penemu laser gas bernama Ali Javan yang juga menjadi salah satu dari daftar orang terjenius kedua belas dari seratus orang. Belum lagi tokoh penting lainnya di berbagai bidang membuat Tehran University sangat dikenal dinegara Iran seperti tokoh seni, ilmu politik, arsitek dan yang lainnya.

Untuk menjadi cerdas memang tempat kuliah bukan menjadi alasan utama. Faktor dalam dirilah yang bisa menjadikan kita menjadi cerdas atau tidak ditambah dukungan lingkungan dari kampus. Justru ketika berada di kampus yang dikatakan tidak terkenal namun bisa bersinar ditingkat internasional menjadi lebih bernilai dibandingkan bersinar berasal dari kampus terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *